Ads 468x60px

.

Selasa, 19 Oktober 2010

PESAN TERSEMBUNYI DARI FILM "LORD OF THE RINGS"



The Matrix, sangat kuat nuansa propaganda Zionisme-nya. Isi film itu sepenuhnya menggambarkan perjuangan bangsa Yahudi untuk memiliki kedaulatan sendiri (Israel) di tengah kehidupan dunia. Hanya saja, disamarkan dengan konsep cerita Matrix yang cukup rumit. Disana disebutkan, teritorial yang mereka perjuangkan bernama Gerbang Zion. Gerbang Zion itu akan selamat dengan datangnya tokoh “yang diramalkan”. Ini benar-benar propaganda Yahudi, hanya umumnya masyarakat tidak memahami sejauh itu.

Perlu dicatat disini. Film-film yang dibintangi Mel Gibson rata-rata serius, digarap dengan sungguh-sungguh, dan berbobot. Mel Gibson dikenal sebagai pesohor Hollywood yang sangat kaya. Dia penganut Katholik fanatic.

Film Lord Of The Ring (disingkat LOTR) bukanlah film bertema sejarah, sebab di dunia ini tidak ada sejarah seperti itu. Ia juga bukan film sihir seperti Harry Potter, sebab di dalamnya minim adegan-adegan sihir. Ia bukan film fantasi murni, sebab detail ceritanya mengandung makna-makna tertentu. Ia bukan film horor, sebab tidak ada eksploitasi dunia hantu-hantuan.

Film LOTR itu adalah film METAFORA FUTURISTIK. Maksudnya, film itu sarat mengandung perlambang-perlambang tentang kehidupan yang akan terjadi di masa nanti. Bukan main-main, perlambang yang digambarkan dalam film LOTR adalah materi seputar TANDA-TANDA KIAMAT. Kalau Anda teliti melihatnya, disana akan didapatkan begitu banyak kondisi-kondisi yang menggambarkan kehidupan menjelang Hari Kiamat nanti. Hanya semua itu dibuat sangat samar, dengan istilah-istilah, kronologi cerita, dan tokoh-tokoh fiktif.



[1] Inti cerita film LOTR adalah pertarungan antara golongan putih dan golongan hitam. Begitu pula saat menjelang Hari Kiamat nanti, akan ada pertarungan besar antara kaum Muslimin dengan kaum Yahudi.

[2] Dalam film LOTR, puncak kepemimpinan kejahatan digambarkan sebagai kekuatan sihir bermata satu. Hal ini adalah gambaran yang sangat jelas tentang sosok Dajjal sebagai raja kejahatan di Akhir Jaman nanti.

[3] Dalam film itu digambarkan ada koalisi antara dua kekuatan besar untuk melawan imperium kejahatan (Mordor). Dalam kehidupan di Akhir Jaman nanti juga akan terjadi koalisi antara Ummat Islam dengan kaum Nashrani, untuk menghadapi imperium kejahatan Yahudi.



[4] Dalam film itu digambarkan sosok Frodo sebagai pembawa cincin yang harus menghancurkan raja kejahatan. Begitu pula kelak peranan Isa Al Masih yang akan turun ke dunia untuk menghancurkan Dajjal.

[5] Dalam film itu digambarkan munculnya seorang kesatria pemberani, pembela kebenaran, dan sangat konsisten melindungi Frodo. Setelah imperium kejahatan Mordor hancur, kesatria itu diangkat menjadi kaisar. Posisi kesatria ini dalam Tanda-tanda Kiamat sangat mirip dengan posisi Imam Mahdi.

[6] Di akhir cerita digambarkan imperium kejahatan hancur seluruhnya, tidak ada yang tersisa. Begitu pula, di Akhir Jaman nanti imperium Dajjal juga akan hancur, kaum Yahudi akan tercerai-berai dan binasa.



 [7] Sebelum imperium kejahatan (Mordor) itu hancur, mereka mengalami kemajuan-kemajuan pesat dari sisi kekuatan militer. Puncaknya, mereka mampu mengepung kekuatan kebaikan di sebuah lembah. Di Akhir Jaman nanti demikian juga kondisinya. Kaum Yahudi mendapat kekuatan yang sangat hebat, sehingga mendesak orang-orang beriman dalam situasi tersudut. Namun akhirnya kekuatan Yahudi itu hancur-lebur seiring hancurnya Dajjal.

[8] Kunci kekuatan imperium kejahatan adalah “sang mata satu” (Sauron). Semakin kuat dirinya, semakin kuat pula kerajaannya. Namun saat dia hancur, maka hancur pula seluruh imperium kejahatannya. Begitulah hubungan antara Dajjal dengan kaum Yahudi terkutuk di Akhir Jaman nanti.

[9] Hancurnya kekuatan “sang mata satu” ditandai dengan melelehnya cincin yang dibawa Frodo di sebuah kawah gunung yang membara. Begitu pula digambarkan, nanti di Akhir Jaman Dajjal ketika melihat Nabi Isa As., dia akan meleleh seperti garam yang meleleh.

[10] Dalam film itu digambarkan bahwa tokoh “sang mata satu” bukan muncul dari bangsa jin atau makhluk lain. Ia berasal dari sosok seorang raja di masa lalu. Dalam Tanda-tanda Kiamat disebutkan, bahwa Dajjal itu sejenis manusia. Lahir dari keluarga Yahudi di Isfahan, Iran saat ini.

[11] Sang pembawa cincin (Frodo) pada akhirnya meninggal juga. Dia harus berpisah dengan teman-teman setianya. Di Akhir Jaman nanti, Nabi Isa As. juga akan meninggal setelah menuntaskan tugasnya.

[12] Misi lain dari perjuangan Frodo adalah menuntaskan cerita dalam buku yang ditinggalkan oleh kakeknya. Cerita itu hampir selesai di tangan Frodo. Namun dia sisakan satu halaman lagi untuk diisi temannya, Sam. Begitu pula, wafatnya Isa Al Masih di Akhir Jaman nanti menandai berakhirnya kehidupan dunia. Kehidupan dunia kala itu tinggal tersisa sedikit lagi.

[13] Di akhir perjalanan hidupnya, Frodo dihantarkan naik perahu untuk berlayar menuju suatu tempat yang sangat indah. Dia disambut oleh makhluk-makhluk ghaib dari dunia lain (semacam Malaikat). Begitu pula balasan bagi para Nabi dan orang-orang shalih dalam kehidupan di Akhirat nanti. Mereka akan mendapatkan syurga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.




Film LOTR memiliki detail yang bagus. Disana hampir-hampir kita tidak menemukan pornografi, perilaku amoral, pemujaan terhadap berhala (syaitan), romantisme picisan, dan lain-lain. Luar biasa, film ini unggul dari segala sisi. Meskipun, namanya film Barat, pasti ada saja kesalahan atau kekurangannya.

Saya terus terang heran, mengapa Hollywood meloloskan film seperti itu? Padahal ia menggambarkan kekalahan imperium Dajjal di Akhir Jaman nanti. Sementara Hollywood CS adalah bagian dari skenario New World Order yang merupakan tahap awal sebelum munculnya imperium Dajjal.

Kondisi saat ini kalau dibaca melalui metafora Lord Of The Ring, kurang lebih bisa kita pahami:

Saat ini jaringan internasional Freemasonry dkk. terus bergerak serentak, intensif, dan tidak kenal istirahat, untuk memperbesar kerajaan kejahatan Dajjal (Mordor). Dari sisi ekonomi, informasi, politik, militer, budaya, pemikiran, ideologi, dll. mereka terus bergerak. 

Agen-agen Freemasonry di Indonesia bisa dianggap sebagai pion-pion anak buah Sauron yang sangat fanatik dan bekerja membi-buta. Mereka sedang mempersiapkan hadirnya “Mesiah” yaitu Dajjal di “Land Promise” (Palestina). 

Sementara kekuatan anti Yahudi, baik dari kalangan Islam maupun Nashrani, juga tengah bergerak menyusun kekuatan masing-masing. Suatu saat nanti akan ada kesepakatan antara kekuatan Islam dan Nashrani ini untuk menghadapi Yahudi laknatullah.

Perlu diingat, Yahudi hari ini bukanlah pengikut Taurat peninggalan Musa As. Mereka adalah pengikut keyakinan-keyakinan sihir dari jaman Fir’aun di Mesir. Yahudi saat ini mengikuti Talmud, bukan Taurat. Meskipun, katanya masih ada Yahudi yang setia mengikuti Taurat. Adapun mayoritas Yahudi yang mengikuti Talmud itu, mereka bukan Ahlul Kitab, tetapi orang musyrikin. 

Sebab, mereka menyembah Dajjal atau simbol-simbol paganisme Mesir Kuno. Ingat, para anak buah Dajjal itu bukan pengikut Musa, justru mereka adalah musuh sejati Musa. Nenek-moyang mereka, Bani Israil durhaka, mereka dulu telah menyia-nyiakan Musa ketika dirinya masih ada di tengah Bani Israil. Yahudi hari ini lebih tepat disebut: Pengikut SAMIRI, bukan Musa As.!

Hanya masalahnya, kalau kita menyaksikan film Lord Of The Ring, secara tidak kritis, akan sulit menangkap pesan-pesan besar di baliknya. Apalagi jika menyaksikan film itu sekedar untuk hiburan belaka. Wah, sayang sekali.

Mayoritas film Hollywood tidak berkualitas, alias murahan. Sebagian mereka malah pekat berisi propaganda-propaganda, seperti The Matrix, Chlinder List, dll. Namun ada juga yang berkualitas dan mengandung pesan-pesan moral kuat. Alangkah baik, kalau kita hanya melihat yang baik-baik saja. 


Alhamdulillah Rabbil ‘alamiin.

__PART 2__ 


Lord of The Rings, Antikristus Dajjal dan Akhir Jaman

Tentang Penulis

J R TolkienJohn Ronald Reuel Tolkien (lahir di Afrika Selatan, 3 Januari 1892 – meninggal di Oxford, Inggris, 2 September 1973 pada umur 81 tahun) adalah penulis novel asal Britania Raya yang menulis The Hobbit (1937) dan lanjutannya The Lord of the Rings (1954—1955). Ia bekerja sebagai profesor dalam Bahasa Inggris di Universitas Leeds pada 1920-1925, sebagai profesor Bahasa Anglo-Saxon di Universitas Oxford pada 1925-1945, dan bahasa Inggris dan sastra, juga di Oxford, pada 1945-1959. Ia adalah seorang Katolik Roma yang sangat saleh.
Lord of The Rings

Lord of the RingsThe Lord of the Rings: The Return of the King adalah sebuah film epik fantasi yang disutradarai oleh Peter Jackson novel dari J.R.R. Tolkien. Dirilis pada tanggal 17 Desember 2003, The Lord of the Rings: The Return of the King menjadi salah satu film yang menerima kritik terbanyak dan merupakan film tersukses di box office sepanjang masa. Film ini meraih sebelas Academy Award dari sebelas nominasi, yang kemudian menjadi tandingan dari Titanic dan Ben-Hur untuk peraih terbanyak Academy Awards. Film ini juga memenangkan Film Terbaik Oscar, menjadikan dia satu-satunya film fantasi dalam sejarah yang memenangkan penghargaan ini. Film ini juga menjadi film kedua terlaris di dunia setelah Titanic, tanpa memperhitungkan inflasi. Banyak hal yang menarik dari film ini. Penulis mencoba untuk menggali apa yang tersirat dari buah pikir JRR Tolkien ini. Boleh jadi salah atau boleh jadi benar, yang jelas film ini penuh dengan makna filosofi yang dalam.
Antikristus Dajjal Si Mata Satu

Eye of SauronJRR Tolkien boleh jadi seorang yg suka membaca tanda-tanda akhir jaman. Sosok Sauron dalam film ini sangat-sangat jelas memberi tampilan sosok Dajjal dalam hadits Nabi. Rasulullah Saw bersabda, “Aku memperingatkan kalian untuk melawannya (Dajjal)” dan tidak ada Nabi yang tidak memperingatkan umatnya untuk melawannya. Tapi aku akan mengatakan sesuatu yang belum pernah diungkapkan oleh para Nabi sebelumku. Kalian harus tahu bahwa dia bermata satu. Dan Allah tidak bermata satu.” (Shahih Bukhari)
Antikristus Dajjal dan Kekuatan Dunia saat ini

Cuplikan dari percakapan Gandalf dan Gurunya:

“Sauron telah mendapatkan kembali sebagian besar kekuatannya yang terdahulu. Dia belum dapat mengambil bentuk fisik, namun tak satu pun kehilangan roh potensinya. Tersembunyi dalam bentengnya, Mordor Tuhan melihat segalanya. Tatapannya menembus awan, bayangan, bumi dan daging. Kamu tau apa yang sedang saya bicarakan Gandalf. Mata besar, tanpa penutup, diliputi dalam api.” Gandalf:”The Eye of Sauron“. “Dia mengumpulkan semua kejahatan padanya. Segera dia telah mengumpulkan tentara yang besar untuk sebuah serangan atas Dunia Tengah.” Gandalf: “Kamu tau ini…. Bagaimana bisa?”

  Dollar

Berbagai hadits menyatakan jika Dajjal memiliki satu mata. Simbol ini dengan jelas tertera di dalam lembaran satu dollar Amerika Serikat. Dollar adalah mata uang Dajjal. Dan sekelompok elit yang menguasai Amerika Serikat (dan juga seluruh Eropa dengan Uni Eropanya) merupakan pelayan dari Dajjal.

Tentara Antikristus Dajjal

Org ArmyAntikristus Dajjal yang ditampilkan oleh JRR Tolkien memiliki tentara-tentara yang bersosok “setan” dan “gelap”.

Wahyu 19:19 Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara mereka telah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentara-Nya.

Hadits tentang pengikut dajjal

Pengikut Dajjal adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang yang jahat. Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha: “Rasulullah masuk ke kamarku dalam keadaan aku sedang menangis. Beliau berkata kepadaku: ‘Apa yang membuatmu menangis?’ Aku menjawab: ‘Saya mengingat perkara Dajjal maka aku pun menangis.’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: ‘Jika dia keluar sedang aku masih berada di antara kalian niscaya aku akan mencukupi (melindungi) kalian. Jika dia keluar setelah aku mati maka ketahuilah Rabb kalian tidak buta sebelah. ….”

Pasukan Antikristus Dajjal unggul dalam kekuatan dan teknologi, tetapi bukan dalam iman dan kebenaran.


Bagaimana mengalahkan pasukan Antikritus Dajjal?

Army of DeathDan yang unik adalah tentara “setan” ini hanya dapat dikalahkan oleh “setan” juga, yaitu ketika Aragorn meminta bantuan “makhluk yang terkutuk” di dalam gua setelah Aragorn mengendalikan mereka. Untuk mengalahkan Dajjal atau minimal tidak terpengaruh daya sihirnya, kita harus terbebaskan dari nafsu yang buruk. Dan ini disajikan oleh JRR Tolkien dalam The Lord of The Rings.

Cincin Sauron

Ring of SauronCincin yang digambarkan dalam film tersebut adalah dunia kita ini. Siapa saja yang tergoda oleh nafsunya untuk menguasai cincin (dunia) maka ia akan memegang kekuasaan di dunia, sekaligus dikuasai oleh Sauron (mjd budak Sauron). Ia mudah dikuasai oleh Sauron Si Raja kegelapan karena nafsu manusianya sendiri. Termasuk si Hobbit pembawa cincin, Frodo. Sosok Frodo yang innocent tampak tidak berdaya oleh nafsunya sendiri ketika akan menghancurkan cincin ke dalam api magma.
Dan Sauron memang ingin menjadi penguasa kegelapan yang tak terkalahkan.
Antikristus Dajjal Pembohong Besar

Eye of SauronKembali lagi ke sosok Dajjal dalam hadits, Sauron memiliki cahaya yang menyorot untuk memberi penerangan. Ini dapat dikatakan bahwa meski Sauron memiliki cahaya dan sejatinya cahaya adalah memberi penerangan dalam kegelapan, cahaya mata Sauron memberi penerangan untuk menuju kegelapan. Persis seperti dalam hadits Nabi, Dajjal akan memberi dua pilihan api dan air. Dalam hadits tersebut, apinya Dajjal adalah sejatinya adalah air (surga) dan airnya adalah api (kesesatan dan kegelapan / neraka).
Kota-kota yang tidak akan dimasuki Antikristus Dajjal

GondorSelanjutnya dalam hadits Nabi, semua kota di dunia ini takluk oleh Antikristus Dajjal, kecuali dua kota. Jika Anda menonton film ini, ada dua kota utama juga yaitu Gondor dan Rohan tetapi hanya kota Gondor yang tidak bisa ditaklukkan oleh tentara Sauron. Dan kota ini digambarkan dengan sosok warna putih yang mencolok. Putih memberi image suci. Maka Gondor adalah kota suci dengan dominasi bangunan putih di mana-mana. Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah bersabda, “Pada pintu-pintu kota Madinah ada malaikat yang menyebabkan tha’un ‘wabah’ dan Dajjal tidak memasukinya.”
Sosok Elf

ElfKemudian jika Anda menonton film ini maka Anda akan dibuat takjub dengan sosok kaum Elf. Kaum Elf dalam film ini begitu “tidak berambisius untuk menjadi raja” dalam kehidupan manusia. Istana mereka yang bagaikan sebuah kayangan jelas-jelas memberi image bahwa kaum Elf adalah sosok Malaikat dalam konsep Agama samawi. Jika dikaitkan dengan sosok Dajjal maka kaum Elf praktis sebagai penolong kaum manusia untuk mengalahkan Dajjal dalam hal ini adalah Sauron. Coba cermati film tersebut.

1. Sosok Elf memiliki kesaktian yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya.
2. Mereka hidup lebih lama (berumur panjang)
2. Mereka memiliki bahasa sendiri yang tidak dimengerti oleh manusia. Dan bahasa mereka adalah bahasa Elf itu sendiri.
Sosok Gandalf


Di film ini Elf bersama dengan manusia yg dipimpin Aragorn dan Gandalf. Sosok Gandalf dalam film ini digambarkan dengan manusia yg berjubah putih mencolok, melambangkan kesucian, sama persis dengan apa yang ada di kitab Wahyu.

Wahyu 19:14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.
 

GandalfWahyu 19:15 Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.

Akhir cerita Lord of The Rings

Sauron Musnah

Menara One Eye runtuh

Akhir dr film ini adalah Sauron hancur beserta pasukannya yg sebenarnya jumlahnya lebih banyak dengan monster2 yg besar (persenjataan yg kuat)

Wahyu 19:16-21

Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: “Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan.”

Lalu aku melihat seorang malaikat berdiri di dalam matahari dan ia berseru dengan suara nyaring kepada semua burung yang terbang di tengah langit, katanya: “Marilah ke sini dan berkumpullah untuk turut dalam perjamuan Allah, perjamuan yang besar, supaya kamu makan daging semua raja dan daging semua panglima dan daging semua pahlawan dan daging semua kuda dan daging semua penunggangnya dan daging semua orang, baik yang merdeka maupun hamba, baik yang kecil maupun yang besar.”

Dan aku melihat binatang itu dan raja-raja di bumi serta tentara-tentara mereka telah berkumpul untuk melakukan peperangan melawan Penunggang kuda itu dan tentara-Nya.

Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.

Dan semua orang lain dibunuh dengan pedang, yang keluar dari mulut Penunggang kuda itu; dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

37 komentar:

kawanblogger.com mengatakan...

Saya belum pernah nonton tuh film :)

masih yunus mengatakan...

mmm., jadi seperti itu tuh.,
mengenai karakter frodo yang berubah - ubah.
ada artinya ga mas?

the truth mengatakan...

masih yunus : karakter prodo berubah karna dipengaruhi cincin yang dibawanya, seperti apa yg saya tulis di atas bahwa cincin itu melambangkan DUNIAWI yg senantiasa menggoda iman manusia. siapapun yg memakai cincin tersebut maka seketika itu juga ia akan menjadi manusia ambisius/tamak/seraka/kejam dsb.

begitu juga di dunia nyata apabila manusia sudah meletakan DUNIA dihatinya maka ia akan senantiasa dipengaruhi bujuk rayu setan yg akan menyesatkannya.

KESIMPULANYA KITA HARUS ZUHUD TERHADAP DUNIA MAKA KITA AKAN SELAMAT SAMA HALNYA seperti ketika prodo melepaskan cincin maka ia akan selamat dari sifat KEDUNIAWIAN SPERTI TAMAK/SERAKA AKAN KEKUASAAN/JABATAN.

wallahu a'alam

masih yunus mengatakan...

Makasih atas pengertiannya mas.
akhirul kalam,

Wassalam.,

daring mengatakan...

SubhanAllah! analisa yang menarik sekali d^^b
...ditunggu tulisan lainnya

Hafiz_Jaid mengatakan...

serius tuh?

riskaincoss mengatakan...

Berarti intinya film LOTR ini bagus dong, karena telah menggambarkan tanda-tanda kiamat dengan baik dan benar?

Sisca cweet mengatakan...

Waduh, salut dh sm mas yg nuliz blog ini. Icha ja yg sring nnton film itu ga pnya fikiran sejauh itu...mksh mas tulisan nya brguna wat jd renungan. Mdh2an bs lbh selektif lg tiap nntn film luar

nurul pribadi mengatakan...

terimakasih mas atas ulasan film LOTR tersebut,
waktu saya lihat simbol Sauron yang mata satu itu saya paham kalo itu simbol dajjal, tapi masih belum bisa mencerna sampai sedetail itu.
:)

aswind. mengatakan...

asik masss ,makasih yah ,artikel nya bagus banget ,spasi antar paragraf pas ,gak bikin pusing bacanya ...

arimata steell mengatakan...

Tolong jelaskan arti dan makna "RING "

Adit Ahdiyat mengatakan...

berdasarkan beberapa literatur & kajian mengenai buku-buku Tolkien yang saya baca, ada beberapa hal yang ingin saya singgung mengenai kajian personal anda mengenai film "the lord of the rings" ini:

1.Ras dwarf yang diciptakan oleh tolkien lebih menyerupai karakter kaum yahudi. Beberapa representasi sifat yahudi seperti kebanggaan yang tendesius akan tanah kelahirannya, ritual dan tradisinya, serta suka berkumpul dengan kaumnya sangat terlihat dalam karakter dwarf dalam buku "the hobbit". Dalam buku tersebut juga dijelaskan bagaimana dwarf sangat ingin kembali ke tanah kelahirannya (lonely mountain) dan merebutnya dari kuasa sang naga (mirip dalam kisah jerrusalem dalam kitab taurat). Kalender dwarf dalam buku the hobbit ternyata juga mirip kalender yahudi (the Jewish calendar in beginning in late autumn)

2.Elf bukanlah representasi malaikat. Ada mahkluk lain yang jauh lebih tinggi derajatnya dari elf yaitu ainur (primordial spirit). Bersama-sama dengan Iluvatar (Tuhan - ayah dari segala mahkluk), mereka menciptakan bumi (arda). Di arda, beberapa ainur lalu diberi wujud dan diberi tugas sebagai wakil Tuhan di muka bumi. Para ainur yang diberi wujud ini dijuluki Vala (Vala bagi saya merupakan representasi dari dewa-dewi dalam mitos yunani & mahabrata, namun bagi Tolkien mereka tetap memiliki satu ayah/master yaitu iluvatar). Elf sendiri merupakan mahkluk pertama yang diciptakan Tuhan di muka bumi, immortal, baik hati, dan bersekutu dengan vala. Dalam hemat saya, elf merupakan representasi dari umat nasrani yang sholeh. Dalam buku-buku Tolkien, elf dan dwarfs memiliki sejarah panjang sebagai dua ras yang enggan bersahabat, yang kontradiksinya oleh beberapa ahli disebut sebagai "Gentile anti-Semitism and Jewish exclusiveness" (lihat pertemanan legolas & gimli dalam “LOTR” dan Thror the dwarf yang selalu menyimpan curiga terhadap elf dalam “the hobbit”)

3.Manusia-manusia dalam middle-earth digambarkan sebagai mahkluk yang diberi kelebihan oleh Iluvatar untuk dapat memilih takdirnya sendiri sebagai yang jahat atau yang baik. Aragorn adalah contoh manusia yang memilih jadi manusia baik (dunedain). Secara kebetulan atau tidak, nama aragorn mirip dengan nama kesultanan nasrani (aragon) yang menggulingkan pemerintahan Islam di Granada, Spanyol. Umat Islam akhirnya harus terusir dari Spanyol. Dalam buku "the hobbit", kerajaan gondor yang dipimpin oleh raja dari leluhur aragorn pernah berperang melawan bangsa haradrim (manusia jahat). Dalam peperangan tersebut haradrim kalah & terusir dari middle earth. Selanjutnya dalam film "the lord of the rings: return of the king" diceritakan generasi muda haradrim (yang sudah dibawah pengaruh sauron) ikut menyerang gondor untuk membalaskan dendam leluhurnya. Uniknya, visual bangsa haradrim dalam film tersebut digambarkan memakai jubah, sorban, dan burqa serta menaiki gajah, yang secara semiotik akan membawa nalar kita pada karakter kaum padang pasir di timur tengah.

Adit Ahdiyat mengatakan...


4.Bila anda menyebut frodo sebagai sebagai nabi Isa, maka saya lebih memilih gandalf, dilihat dari sejarahnya, sebagai representasi Yesus. Gandalf sengaja diturunkan oleh Iluvatar untuk membantu mahkluk baik di middle earth melawan sauron, raja kegelapan. Gandalf pernah berkorban demi fellowship of the ring dan mati. Namun kemudian dibangkitkan lagi karena tugasnya di middle earth dianggap belum selesai oleh Iluvatar. Gandalf termasuk dalam ras maiar, yaitu ras yang merupakan abdi dari salah satu vala bernama awne, pemimpin tertinggi vala, dan mempunyai kekuatan melampaui elf, manusia, dwarf, maupun hobbit. Bila Vala adalah malaikat, maka otomatis gandalf merupakan representasi nabi, karena maiar merupakan abdi yang patuh terhadap vala dan pengantar pesan ataupun juru selamat bagi mahkluk di middle earth. (walapun nanti dikisahkan dalam buku-buku Tokien ada beberapa maiar yang berperilaku jahat)


5.Karakteristik Ainur/Vala yang menyerupai malaikat antara lain
- Ainur diciptakan jauh sebelum manusia dan mahkluk lainnya ada, dan disebut sebagai the Holy one, malaikat dalam teologi Islam ataupun nasrani diciptakan sebelum manusia pertama, Adam, tercipta.
- Vala bisa berwujud manusia, sama halnya seperti contoh malaikat yang datang kepada kaum Lut menyerupai lelaki yang kacak (Surah Hud 11, ayat 78)
- Ada Vala yang membangkang karena mempunyai niat jahat untuk menguasai arda, yaitu Menkor. Menkor merupakan Vala terkuat, namun kemudian dibuang ke arda oleh Iluvatar. Sebelum Iblis direjam dan dilaknat oleh Allah s.w.t,Iblis merupakan ketua yang memimpin para malaikat di surga, setelah menyesatkan adam, iblis diusir dari surga.

Namun, malaikat yang tidak bisa berpasang-pasangan & mempunyai anak, tidak tercermin dari karakteristik Vala. Vala sendiri terdiri dari Lord dan Queen, suami & istri. Seperti Awne, pemimpin Vala yang beristrikan Varda (queen of star) dan menghasilkan “anak” yaitu the eagles. Kisah ini mengingatkan kita pada mitos dewa-dewi Yunani.

semoga perspektif saya ini memberi wawasan baru & mendorong adanya kajian yang lebih mendetail & tidak subyektif , mengingat dasar-dasar yang dipakai Tolkien ini merupakan teologi nasrani, bukan Islam. Belum lagi mitos-mitos yang dicampuradukkan dari yunani, celtics, hingga mahabrata.

AmyBaidi mengatakan...

Gue udh nyangka bgt pasti ini film ada sangkut pautnya sama dajjal. Karna mata satunya sauron mencolok bgt.

heyds mengatakan...

menurut pendapat saya:

1. Frodo (hobbit): menggambarkan kita (manusia), yg asalnya pemalas, perokok, peminum, pesta, dll tp di beri geografis yg bagus utk bercocok tanam, beternak, dll..tp pd akhirnya ras hobbit (kita) lah yg menyelamatkan dunia

2. Gandalf: menggambarkan kembalinya Nabi Isa/Jesus (seperti penjelasan Mr. Adi Ahdiyat diatas)

3. Aragorn: menggambarkan Imam Mahdi/Mesiah, karena pd akhirnya di beri tahta (kerajaan YG SEBENARNYA) oleh Gandalf

4. Elf: menggambarkan malaikat

5. Dwarfs: menggambarkan kaum pembenci malaikat (saya tdk bs sebutkan)

6. Haradrim: kaum Abreha/abraha/abrahah..yg kita tau berasal dari saba/yemen dgn pasukan "gajah" nya yg pernah menyerang kota suci (pengulangan peristiwa)

7. Elang Gandalf: menggambarkan "ababil" (pengulangan peristiwa)

8. Sauron dan pasukan nya : idem

Iwansyah Putra mengatakan...

nice posting gan,,, ane baru nonton film ini tahun ini,,, terima kasih sudah memberi analisa yang cukup rumit ini,,,

alfin fadli mengatakan...

Hebat y orang yahudi bisa menyembunyikan tanda2 dajjal di film2 hollywood,coba kalau orang islam bisa menyadarkan seluruh umat islam tentang film hollywood yg bernuansa yahudi ???

Chany J Widhaya mengatakan...

menurut saya mengenai Haradrim, mereka adalah sekutu Sauron, dan adegan itu lebih terlihat seperti Israel yang jadi sekutu Amer1ka... Haradrim berpakaian ala Timur Tengah, lihat Israel, itu salah satu negara di timur tengah

Chany J Widhaya mengatakan...

menurut pendapat saya, dalam film ini Haradrim adalah sekutu Sauron, ini lebih terlihat seperti Isr4el yang menjadi sekutu Amer1ka, pasukan ini minoritas dan berpakaian ala Timur Tengah, lihat Isr4el, mereka negara kecil dan itu negara Timur Tengah
Adit Hidayat...
jadi argumen Haradrim adalah gambaran bangsa Islam yang diusir dari tanah Spanyol dan melakukan pembalasan jelas bertentangan
Islam di daratan spanyol memang pernah diusir dari tanah Aragon dan kembali ke Andalusia, tapi kemudian setelah adanya panglima mualaf dari suku Barbar, Tariq Bin Ziyad, bahkan perluasan Islam Andalusia melebihi Aragon

Chany J Widhaya mengatakan...

menurut pendapat saya, dalam film ini Haradrim adalah sekutu Sauron, ini lebih terlihat seperti Isr4el yang menjadi sekutu Amer1ka, pasukan ini minoritas dan berpakaian ala Timur Tengah, lihat Isr4el, mereka negara kecil dan itu negara Timur Tengah
Adit Hidayat...
jadi argumen Haradrim adalah gambaran bangsa Islam yang diusir dari tanah Spanyol dan melakukan pembalasan jelas bertentangan
Islam di daratan spanyol memang pernah diusir dari tanah Aragon dan kembali ke Andalusia, tapi kemudian setelah adanya panglima mualaf dari suku Barbar, Tariq Bin Ziyad, bahkan perluasan Islam Andalusia melebihi Aragon

News mengatakan...

Assalamu'alaikum.
Terimakasih gan atas informasinya. Bermanfaat banget.

Oh ya, jujur saya mungkin tidak berpikir sedalam ini malah yah sejujurnya tidak... tapi entah kenapa saya sudah merasa ada yang aneh saja tentang film ini. (aneh dalam kutipan: sesuatu yang tersembunyi). yah, dunia ini memang sempit dan benar-benar fana gan. kalau kita tidak pandai-pandai memilih jalan yang baik, kita pasti akan dijerumuskan oleh setan ke dalam lembah terkutuk.

oh ya, menurut saya... sedikit lebih, film ini mengajarkan pada kita untuk mendekatkan diri kepada Allah supaya kita tidak terjerumus ke dalam tipu daya setan. :)



gilangsurya adi mengatakan...

sauron dulunya hanyalah pelayan, dia pelayan morgoth, lebih jelasnya baca buku terakhirnya, the silmalirion atau apa itu, disitu dijelaskan awal terbentuknya dunia dan makhluk makhluknya

Shalat Add mengatakan...

Sebaiknya tidak perlu menanggapi kisah film LOTR ini secara Islami. Biasa-biasa aja. Rileks dan jangan terlalu dijadikan hal yg berat.

Banyak sekali kisah-kisah (nyata) yang sangat lebih Islami dalam sejarah Rasulullah dan para sahabatnya, yang jika dikaji lebih dalam lagi bisa sangat-sangat menimbulkan rasa haru, patriotik, bahkan hingga terurau air mata.

Tentunya kisah (nyata) dari Rasulullah dan para sahabatnya inilah yang seharusnya menjadi acuan bagi umat Islam untuk meneladaninya.

Lilies Ernanda mengatakan...

Sewaktu saya nonton ini film, saya teringat sm pohonnya, dimana dua sahabat frodo ditolong oleh pohon di flm ini di sebuah hutan terlarang. Pohon itu mirip sekali sama pohonnya orang yahudi (GHARQAD) dimana dalam hadis bahwa "Wahai muslim, wahai hamba Allah, inilah Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuh saja. Kecuali pohon Gharqad (yang tidak demikian), kerana termasuk pohon Yahudi." (HR Muslim dalam Shahih Jami 'As-shaghir no. 7427)



Lilies Ernanda mengatakan...

Sewaktu saya nonton ini film, saya teringat sm pohonnya, dimana dua sahabat frodo ditolong oleh pohon di flm ini di sebuah hutan terlarang. Pohon itu mirip sekali sama pohonnya orang yahudi (GHARQAD) dimana dalam hadis bahwa "Wahai muslim, wahai hamba Allah, inilah Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuh saja. Kecuali pohon Gharqad (yang tidak demikian), kerana termasuk pohon Yahudi." (HR Muslim dalam Shahih Jami 'As-shaghir no. 7427)



vian al hans mengatakan...

Thank's atas postinganye ..
bermanfaat buat pengetahuan ..

taufik hidayat mengatakan...

Lord of the ring I-III adalah film terbaik sepanjang ribuan film yg pernah saya saksikasejak tahun 80an

Endah Retno Palupi mengatakan...

saya sempat anti baca buku LOTR karena narasi deskriptifnya yang terlalu detail sekali. tapi akhirnya dibaca juga...dan ternyata seru!! betul saya merasa ada "something" di ceritanya, dan ternyata bisa dianalisis sedalam ini ya? trims untuk penjelasannya.
saya bersyukur bahwa cerita yang saya gemari ini tidak tergolong yang mengandung propaganda. simply, saya terima saja ceritanya layaknya cerita lainnya...dan pahami bahwa pengarang (salut untuk JRR Tolkien) dan isinya dilatarbelakangi pemahaman agama melalui perspektif keyakinannya. that's it.
setelah itu...mari kembali ke ajaran Islam dan cari bekal sebelum akhir zaman itu terjadi.

Septi Aniz mengatakan...

*menyimak komentar
ngga cuma seru buat ditonton, tapi seru juga buat jadi bahan diskusi :D

Uut Tamamia mengatakan...

Saya suka film ini. Betul2 film yang sangat bagus dan berkualitas.
oia mau nambahin, waktu terjadi perang di akhir film. jumlah pasukan Aragorn hanya 300 orang dan mereka harus melawan musuh yg jumlahnya ribuan. Bukankah jumlah pasukan ini sama seperti di perang Badar jaman Rasulullah?

bangbang fermadi mengatakan...

mannnntaaapppppppppppppppppppppppppppp , ngga ngantuk baca nya ,,

Andrtux Yono mengatakan...

Pada dasarnya dasar keyakinan yahudi oleh Nabi Musa As dengan kitab taurot 'bukan talmud', nasrani yang dibawa nabiyullah Isa As dan Nabi Muhammad SAW sama, yakni menyembah Tuhan Yang Maha Perkasa yakni Allah SWT.
saat ini kaum nasrani kristen dan katolik menjadi sapi perah untuk Vatikan dengan perubahan masive kitab injil demi kepentingan syahwat Vatikan (Paus), berapa pajak yang kalian setorkan untuk vatikan terutama katolik, mua'laf aja seperti saya.
film ini LOTR memiliki inti sesuai kaidah keilmuan Islam peperangan melawan kemusyrikan penyembahan berhala menyembah sesuatu selain Allah SWT, walaupun penulis beragama katholik. semua nabi memerangi dajjal, seperti yang dijelaskan di atas hanya satu Nabi yang diberi kejelasan tentang wujud Al Masih Ad Dajjal yakni baginda Rasululloh Muhammad SAW. dan yang membunuh dajjal hanya satu orang yakni Isa Al Masih.

vian al hans mengatakan...

bener bgt min.. pertama kali gue nonton dulu.. emng gue ber firasat bahwa ini film mengandung unsur akhir jaman (kiama)... yg ter penting skrng kita harus memperkuat iman kita kpd allah.s.w.t..

Ivan Oktariska mengatakan...

Totalnya 170 pasukan gondor +130 pasukan rohan + 5 komandan(aragorn,legolas,gimli,gandalf,eomer) vs 10.000 pasukan orcs + sekitar 3500 sisa pasukan haradrim

Unknown mengatakan...

Film ini saya udh nonton sejak tahun 2001 silam, semenjak LORT movie ini released pertama di Indonesia, semenjak movie pertama saya belum bisaa membaca arti dari kisah film tsb, akan tetapi sesudah liat yg ke 2 & yg ke 3 , saya jadi lebih banyak tw artinya, bener itu seperti kejadian di akhir zaman, itu udh ketahuan bgt, TOKOH Raja bermata satu ( api ) alias SAURON, sosok raja zaman dulu yg kalah, tapi bangkit kembali, tapi akhir nya hancur lagi...di film ini ada situasi yg saya baca dari al-quran, bangsa yahudi akan di kalahkan 2 kali oleh orang mukmin, begitu pula , pd perang seri ke 2 & ke 3,,,,semua ada kejadian itu ...good movie dechh......

The Man 3 mengatakan...

Totalnya 170 pasukan gondor +130 pasukan rohan + 5 komandan(aragorn,legolas,gimli,gandalf,eomer) vs 10.000 pasukan orcs + sekitar 3500 sisa pasukan haradrim

TAMBAH LAGI PASUKAN HANTU DARI GUA NYA GAN...

Muhammadzubairi Abduljalil mengatakan...

Allah swt kuasa, makhluk tidak ada kuasa, hanya cara Nabi saw beri kejayaan dunia dan akhirat. Lailahaillallah! Muhammadurrasulullah!

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...