Ads 468x60px

.

Jumat, 15 Maret 2013

CAKUPAN BIDANG ILMU DALAM TARBIYAH



·         CAKUPAN BIDANG ILMU DALAM TARBIYAH

Manusia Rabbani tidak mungkin terbentuk kecuali dalam jihad atau ijtihad seperti telah dijelaskan di atas. Definisi Jihad menurut kesepakatan ulama madzhab empat adalah qital (perang). Artinya syareat ini membutuhkan suatu bidang ilmu yang disebut fanul harbiyah (Ilmu seni perang). Sedangkan ijtihad merupakan suatu kedudukan seseorang dari hasil jerih payahnya dia menuntu ilmu syar’i sehingga menaikkan derajatnya menjadi seorang fuqoha. Wal hasil, Ilmu syar’i diniyah dan ilmu harbi askariyah merupakan cakupan bidang ilmu dalam tarbiyah islamiyah. Allah berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama) Nya dan rasul-rasulNya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa”. (Al-hadid: 25)

Artinya: “Sunguh Kami telah utus para rasul Kami dengan hujah yang nyata dan Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab yang berisi hukum-hukum serta syareat dan Kami turunkan mizan agar menagtur manusia dengan adil. Dan Kami turunkan bagi mereka besi, padanya terdapat kekuatan yang hebat serta manfaat yang manyak supaya allah menegtahui siapa saja yang menolong dien-Nya dan rasul-Nya pdahal Allah tidak dilihatnya”. (Tafsir Meisir)


Jabir bin Abdullah ra mengangkat pedang dengan tangannya dan Muashaf di tangan lainnya sambil berkata: “Rasulullah saw memerintah kami untuk memotong dengan ini dan menegakkan keadilan dengan ini”. 

Ibnu Katsir berkata: Allah berfirman “Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata” yaitu: mukjizat, hujah-hujah yang terang, dalil-dalil nyata. “dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab”, yaitu: nukilan yang benar. “dan mizan” yaitu: keadilan.” Kemudian beliau berkata “Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat”, yaitu: Kami jadikan besi sebagai tameng bagi siapa saja yang ngeyel pada kebenaran dan menentang setelah dijelaskan hujah. (Tafsir ibnu Katsir)

“Maksud daripada diutusnya para rasul dan diturunkannya kitab adalah untuk menegakkan manusia dengan adil dalam melaksanakan hak-hak Allah dan hak-hak hamba”. (Majmu Fatawa 28/263)

Syeikh Ali Ahmad Madkur berkata: “Ibnu Taimiyah menjelaskan keterkaitan antara ilmu syareah dan ilmu harbiyah (kemiliteran) dengan perkataannya: Agama Islam berdiri tegak dengan pedang yang mengikuti Kitab. Jika ilmu tentang Kitab dan sunnah tersebar dengan pedang disisinya menjaga, maka agama islam akan berjaya. Namun bila ilmu tentang Kitab dan sunnah mengalami peremehan sedang pedang kadang kala berjalan seiring Kitab dan sunnah dan terkadang menyelisihinya, maka dienullah akan terombang-ambing sesuai kondisi perjalan Kitab sunnah dan pedang tersebut”. (Perkataan Ibnu Taimiyah ini terdapat di majmu Fatawa 20/393)

Ibnu Taimiyah juga berkata: “Sesungguhnya setiap amal harus disertai petunjuk dan setiap amal harus dijaga oleh kekuatan”. (Majmu’Fatawa 8/53)
“Dien akan kokok tegak dengan Kitab yang memberi petunjuk dan pedang yang menolong, ‘Dan cukuplah Rabb mu sebagai petunjuk dan penolong’ (Firman Allah). Majmu Fatawa 20/393)

“Kadilan kitab bisa dilaksankan dengan kekuatan besi, karena itu dien akan tegak kuat dengan mushaf dan pedang”. (Fatawa 28/264)

Ibnul Qoyyim berkata: “Allaah mengutus Muhammad saw menjelang hari kiamat dengan kitab yang memberi petunjuk dan pedang sebagai penolong sampai Allah sebagai satu-satunya yang disembah dan dijadikan rizkinya dibawah ayunan tombak”.

Beliau juga berkata: “Sesunggunya Allah swt menurunkan agama Islam dengan hujah, burhan dan pedang. Keduanya saling bertautan dalam memenangkan dien tidak bisa dilepaskan”. (Al-Furusiah 4)

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...