Ads 468x60px

.

Kamis, 11 September 2014

Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan & Jangan Hanya Ngaji Kuping



Ikatlah ilmu dengan tulisan..!!

√ Fenomena menarik pada masa kini, hari ini, dan pada waktu terkini, para pemuda yang asyik menghadiri majlis ilmu ingin berilmu.

√ Semangat itu hadir dengan kehadiran yang sempurna tanpa terlewatkan satupun dari majlis ilmu.

√ Tapi hal itu menjadi sia sia dan di lupakan, di saat ilmu tidak di ikat dengan tulisan.

√ Padahal Rosul kita shollallahu 'alaihi wa sallam, dalam sebuah riwayat memerintahkan untuk mengikat ilmu dengan tulisan.

√ Imam As-syafi'i muridnya Imam malik rahimahumallah, yang terkenal dengan hafalannya yang begitu kuat, masih saja menuliskan apa yang beliau dapatkan dari pada gurunya. Sehingga dalam biografi beliau di sebutkan bahwa, kemiskinan beliau untuk membeli kertas tak menghalangi beliau untuk menulis ilmu yang beliau dapat, apakah itu pada tulang maupun pelepah kurma.


√ Para salaf seperti Abdullah bin 'Amr ridhiyallahu 'anhu berkata : "Aku dahulu selalu menulis segala sesuatu yang aku dengar dari Rosulullah صلى الله عليه و سلم, aku ingin menghafalnya" (HR.Ahmad)


√ Syaikh Muhammad hassan al-mishry hafizhohullah, dalam muhadhorohnya tentang جبريل يسأل و النبي يجيب (Jibril bertanya dan Nabi menjawab), selama hampir sejam hanya menjelaskan adab adab dalam menuntut ilmu, dan salah satu yang sangat beliau tekankan adalah قيد العلم بالكتابة (ikatlah ilmu dengan tulisan). Beliau merupakan murid syaikh al-Albani, Syaikh Bin Bazz, Sekaligus Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al'utsaimin...


√ Salah satu ucapan beliau yang ana abadikan dengan tulisan di pagi ini adalah "فإن لم تقيد العلم بالكتابة فتنسى" Jika kamu tidak mengikat ilmu dengan tulisan maka kamu akan lupakan ilmu.

√ Mana buku catatan dan pulpenmu wahai penuntut ilmu?! Apa yang kau tulis? Surat cinta? Status lebai pada FPmu? Ataukah ilmu yang kau catat dari gurumu?

√ Ya memang benar perkataan Ust.Muhammad Abduh Tuasikal di salah satu statusnya Tentang ngaji kuping. Allahumma inna nas'aluka 'ilman naaafi'an.

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...